|
Menu Close Menu

MPLS 2024, Siswa Baru SDN Larangan Barma 1 Dikenalkan pada Permainan Tradisional dan Dunia Literasi

Minggu, 21 Juli 2024 | 10.38 WIB

Suasana MPLS di SDN Larangan Barma 1 Kecamatan Batuputih Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep- SDN Larangan Barma 1 Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama satu minggu dari 15-20 Juli 2024. 


Kegiatan itu diawali dengan upacara bendera pada hari pertama, lalu dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan diri dan teman sekelas. 


Avan Fathurrahman, salah satu Guru SDN Larangan Barma 1 menceritakan, memasuki hari kedua,  siswa dan siswi dikenalkan pada lingkungan sekolah seperti ruang kelas, kantor, perpus, kamar mandi, UKS, dan mengenalkan guru-guru di lingkungan SDN Larangan Barma 1. 


" Lalu dilanjutkan dengan materi sekolah ramah anak dan anti perundungan, "jelas pria yang akrab disapa Avan kepada media, Sabtu (20/07/2024) malam. 


Kemudian pada hari ketiga, kegiatan dimulai dengan olah raga untuk kesehatan dan mengenalkan permainan tradisional berupa lompat tali, dan balbudi. Selanjutnya ada kegiatan nobar film edukasi anti kekerasan dan diskusi bersama tentang pencegahan kekerasan


Hari keempat kegiatan dimulai dengan permainan sepak bola mini, lalu dilanjutkan dengan permainan tradisional berupa sottelan, can-macanan, otegan, bekel. Membaca buku bersama dan mendongeng bersama Kak Avan.


Lalu hari kelima dimulai dengan  pembacaan surah Yasin bersama dilanjutkan dengan pembacaan shalawat nabi. Kemudian dilanjutkan dengan kultum keagamaan dan materi pendidikan karakter. Dan hari terakhir penutupan berupa kegiatan JJS bersama para siswa, guru serta semua masyarakat sekolah. 


" Diangkatnya permainan tradisional ditujukan untuk menumbuhkan sifat-sifat sosial dan kerja sama tim bagi anak-anak, sehingga setelah mereka mengikuti MPLS mereka semakin guyub bersama teman-temannya, semakin akrab bersama teman-temannya," tandas Fathurrahman yang juga wali kelas 1 SDN Larangan Barma 1 ini. 


" Anak-anak  juga diberi materi yang cukup bagus seperti penanaman sikap-sikap sosial, penanaman karakter-karakter baik melalui pemaparan materi yang disampaikan oleh beberapa guru, anak-anak juga diajak meningkatkan literasi dengan membaca buku bersama-sama di perpustakaan, " tambahnya.


Siti Aisjah, Kepala Sekolah SDN Larangan Barma 1 juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh panitia  dan terima kasih pada guru yang telah membantu. 


" Terima kasih dan selamat bergabung dengan SDN Larangan Barma 1 anak-anak kelas satu dengan harapan merasa betah dan nyaman  belajar sehingga menjadi anak-anak, menjadi siswa yang cerdas, anak-anak yang berakhlak baik, berkarakter dan peduli pada lingkungan dan sesama, " ucapnya.  (Yud/Had) 

Bagikan:

Komentar