|
Menu Close Menu

Survei ARCI, Risma-Marzuki Jadi Penantang Berat Khofifah-Emil, Idealnya Linear Dengan Koalisi Pilkada Kabupaten/Kota

Jumat, 26 Juli 2024 | 14.28 WIB

ARCI saat menggelar rilis hasil survei terbaru terkait Pilgub Jatim 2024. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Surabaya- Berdasarkan hasil survei dari Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) terbaru, pasangan Tri Rismaharini -KH. Marzuki Mustamar menjadi penantang Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jatim 2024.


Meski begitu, selisih antara  kedua pasangan  tersebut terpaut jauh dan pasangan Khofifah-Emil tergolong aman karena berada diatas 50 %.


"Saat kita melakukan simulasi dengan dua pasang calon, hasilnya Khofifah-Emil unggul jauh atas Risma-Marzuki," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan di Surabaya, Rabu (24/7/2024).


Dalam survei ARCI simulasi head to head (2 nama pasangan), elektabilitas Khofifah-Emil di angka 57,9%. Sementara Risma-Marzuki di angka 27,2%. Sebanyak 14,9% responden belum menentukan pilihan.


Sementara dalam simulasi 3 pasangan jika PDIP dan PKB pecah kongsi membuat poros baru sendiri-sendiri, elektabilitas Khofifah-Emil tetap teratas.


Elektabilitas Khofifah-Emil di angka 54,3%. Disusul Risma-Nur Arifin 18,4%, sementara Marzuki-Anggia Ermarini di angka 13,5%. Sementara responden yang belum menjawab di angka 13,8%.


Masih kata Baihaki, kalau koalisi PKB, PDIP dan NasDem sebagai tiga partai yang belum memutuskan dukungan di Pilgub Jatim 2024, maka yang ideal mereka harus linear koalisinya dengan Pilkada di Kabupaten/Kita di Jawa Timur.  " Artinya kalau mereka jadi koalisi di Pilgub Jatim maka lebih bagus kalau bisa linear hingga Kabupaten/Kota, " tandasnya. 


" Itu akan lebih memudahkan konsolidasi dan memasifkan dukungan," pungkasnya.


Survei ARCI dilakukan pada 1-12 Juli 2024 dengan jumlah 1.200 responden. Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling.


Survei ARCI memiliki margin of error di angka 2,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sebanyak 25% kuesioner dilakukan quality control.(Had) 

Bagikan:

Komentar