|
Menu Close Menu

Surya Paloh Tegaskan Pentingnya Peran Perempuan dalam Pembangunan Bangsa

Jumat, 26 Juli 2024 | 08.29 WIB

Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem saat jadi pembicara dalam acara Simposium Perempuan Kongres III Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta Pusat. (Dok/Istimewa ). 

Lensajatim.id, Surabaya- Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menyoroti soal kesetaraan gender saat membuka Simposium Perempuan Kongres III Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2024). 


Surya menekankan pentingnya peran dan arti keberadaan perempuan dalam proses pembangunan bangsa.


"Sekaligus menegaskan keberadaan kaum perempuan di Indonesia dalam kesetaraan gender menurut saya merupakan satu hal yang amat sangat dibutuhkan dalam perjalanan kehidupan bangsa kita dalam masa-masa mendatang," kata Surya.


Sebagai Ketua Umum Partai NasDem, Surya merasa berbesar hati dapat menghadiri simposium perempuan yang juga menjadi ajang menyusun terobosan dalam upaya penghapusan ketimpangan gender.


"Sebagai Ketua Umum DPP Partai NasDem menjelang pra-kongres yang ketiga ini, sebuah aktivitas yang menurut saya, apa yang kita lakukan bersama di ruangan ini pagi hari ini melakukan simposium dalam membangun, mempertanyakan, sekaligus menegaskan keberadaan kaum perempuan di Indonesia," tambah Surya.


Surya melanjutkan para perempuan memiliki kelebihan yang besar jauh dibanding dengan kaum pria. Hal itu merupakan anugerah mutlak yang diberikan Tuhan kepada perempuan.


"Dari pendekatan aspek kodrati, kaum perempuan memiliki jauh kelebihan dibandingkan dengan kaum pria. Seperti intuisi, tangguh, kasih sayang, jujur dan teliti itu milik kaum perempuan," tukas dia.


Selain diwarnai dengan ide-ide perjuangan akan masa depan perempuan Indonesia, Simposium Perempuan Partai NasDem juga diisi dengan berbagai side event yang menunjukkan nilai-nilai heroisme dari para pahlawan perempuan antara lain Laksamana Malahayati, dan Ratu Kalinyamat.


Kegiatan juga diisi pameran UMKM Binaan Partai NasDem yang dibangun oleh para sahabat disabilitas dengan memanfaatkan barang daur ulang yang dijadikan tas berkualitas ekspor hingga kerajinan tangan lainnya.


Kegiatan simposium perempuan juga diisi dengan kuliah umum yang diampu oleh Ketua Arsip dan Sejarah Perempuan, Ita F Nadia. Hadir pula mengisi kegiatan, Disability Womenpreneur, Founder Setara Berdaya Group, Nicky Clara.


Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem, yang juga Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, juga hadir memberikan orasi ilmiahnya.


Selain itu hadir pula Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP NasDem, Amelia Anggraini, Ketua Bidang UMKM DPP NasDem, Lita Machfud Arifin, serta Ketua Panitia Simposium Perempuan, Eva Kusuma Sundari.


Selain itu para peserta perempuan yang datang tampak mengenakan kebaya dan peserta laki-laki mengenakan batik itu juga dihadiri para aktivis gender, dan kader-kader perempuan dari sejumlah partai politik lain. (Red) 

Bagikan:

Komentar