|
Menu Close Menu

Bantu Warga Terdampak Kekeringan di Bangkalan, Ra Nasih Salurkan Air Bersih

Jumat, 06 September 2024 | 19.22 WIB

Penyaluran bantuan air bersih yang dilakukan LN Center di Kampung Sambas Desa Kelbung Kecamatan Sepuluh. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Bangkalan- KH. Mohammad Nasih Aschal, atau yang lebih dikenal sebagai Ra Nasih, Anggota DPRD Jawa Timur sekaligus Ketua Fraksi Partai NasDem, memulai kegiatan sosial penyaluran air bersih bagi masyarakat yang terdampak kekeringan di Kabupaten Bangkalan. Bantuan tersebut disalurkan melalui Lora Nasih Center (LN Center) bekerja sama dengan Jaringan ASSCHOL (Alumni dan Simpatisan Syaichona Moh. Cholil).


Pada hari pertama penyaluran, Jumat, 6 September 2024, bantuan air bersih disalurkan di empat titik di Kecamatan Sepulu dan dua titik di Kecamatan Kokop, Bangkalan. Penyaluran ini bertujuan untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan akses air bersih akibat kemarau panjang. Warga menyambut dengan antusias dan berterima kasih atas bantuan tersebut, karena selama ini mereka sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.


Menurut Abdul Halim, Pengurus LN Center yang menjadi penanggung jawab penyaluran di Zona Utara meliputi Kokop, Sepulu, Tanjung Bumi, dan Banyuates, kegiatan ini masih akan terus berlanjut. "Hari ini kami telah menyalurkan bantuan air bersih di empat titik di Sepulu dan dua titik di Kokop. Kegiatan ini masih akan berlanjut dengan target sementara sebanyak 35 titik, sesuai usulan yang muncul dari masyarakat di berbagai daerah terdampak," jelas Abdul Halim.


Ra Nasih, meskipun tidak turun langsung ke lapangan, menegaskan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat yang sedang mengalami kesulitan. “Kami berharap bantuan ini bisa membantu warga memenuhi kebutuhan air bersih di tengah kemarau panjang ini. Kami akan terus berupaya mendistribusikan bantuan ini secara merata di daerah yang paling membutuhkan,” ungkapnya.


Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan mencatat bahwa sebanyak 70 desa di 7 kecamatan di Bangkalan terdampak kekeringan tahun ini. Kekeringan tersebut mengakibatkan ribuan warga di wilayah-wilayah tersebut mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih.


Warga di beberapa titik yang telah menerima bantuan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ra Nasih atas kepedulian dan bantuannya. Kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban warga hingga kondisi cuaca kembali normal dan sumber air bersih kembali tersedia. (Eko) 

Bagikan:

Komentar