|
Menu Close Menu

Kunjungi Kedai Longgu, Mas Kiai Serap Aspirasi Pelaku UMKM

Kamis, 17 Oktober 2024 | 05.52 WIB

KH. Ali Fikri saat berkunjung ke Kedai Longgu di Desa Banuaju Timur Kecamatan Batang-Batang Sumenep. (Dok/Istimewa). 
Lensajatim.id, Sumenep- Calon Bupati Sumenep KH. Ali Fikri nomor urut 01 menunjukkan kepeduliannya kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Itu dibuktikan dengan berkunjung ke UMKM lokal Desa Banuaju Timur, Kecamatan Batang-Batang. UMKM tersebut berupa kuliner tahu walik dan es siwalan atau yang dikenal dengan Kedai Longgu di bawah naungan Madura Jaya dan Madura Indah.
Mas Kiai saat berkunjung ke rumah pemilik Kedai Longgu. (Dok/Istimewa). 
Tidak semata-mata berkunjung, Pria yang akrab disapa Mas Kiai ini juga menyerap aspirasi sehingga jika terpilih sebagai orang nomor satu di Kabupaten Sumenep mampu memenuhi kebutuhan para pelaku UMKM. Terutama yang berada di pelosok desa.


“UMKM ini merupakan sektor utama untuk ketahanan ekonomi masyarakat,” kata Mas Kiai, Rabu (16/10/2024). 


Dia menyampaikan, bahwa bukti bahwa UMKM berperan penting dalam peningkatan ekonomi itu bisa dilihat ketika Indonesia mengalami pandemi Covid-19. “UMKM itu daya tahannya luar biasa besar bagi negara kita,” jelasnya.


Dia menegaskan, pengembangan UMKM harus memberi dampak untuk kemandirian ekonomi masyarakat. Sebab, dengan begitu kebutuhan sehari-hari masyarakat bisa terpenuhi. “Di sini ada tahu walik, yang ternyata bahan bakunya dari Kecamatan Lenteng. Ini benar-benar potensi yang bisa dikembangkan ke depan,” ujarnya.


Dia menegaskan, salah satu cita-citanya dalam pengembangan UMKM adalah menghidupkan koperasi. Sehingga, masyarakat bisa bekerjasama dan peluang lapangan kerja lebih terbuka.


“Tinggal nanti bagaimana negara hadir untuk membantu fasilitas dan pengembangan sumber daya manusianya (SDM) melalui pelatihan-pelatihan secara khusus,” tegasnya.


Sementara itu, pemilik owner Madura Jaya Miskawi mengatakan, kondisi UMKM di Sumenep belum sepenuhnya mapan. Sebab, selama ini yang dilakukan oleh pemerintah masih terpusat di kawasan perkotaan.


“Kalau di desa-desa masih belum. Karena saya pelaku UMKM juga di sini,” katanya.


Pria yang juga dikenal sebagai pemilik kelontong di kawasan Ibu Kota Jakarta itu mengaku senang dikunjungi Calon Bupati Sumenep yang berpasangan dengan KH. Muh. Unais Ali Hisyam. Sehingga bisa menyampaikan aspirasinya.


“Saya mendukung gagasan yang disampaikan Mas Kiai. Karena itu, kami sekeluarga akan mendukung beliau dalam Pilkada Sumenep 2024,” tandasnya. (Yud/Had) 

Bagikan:

Komentar